Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Tahun 2024 di Hotel Mustika Tuban

  • Jul 04, 2024
  • Wangluwetan

Tuban, 4 Juli 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas dan kapasitas aparatur pemerintah desa, Pemerintah Kabupaten Tuban menggelar pelatihan "Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Baru Tahun 2024". Acara ini berlangsung di Hotel Mustika Tuban, Jl. Teuku Umar 3 Tuban, Latsari, Tuban, dari hari Senin hingga Kamis, tanggal 1 hingga 4 Juli 2024.

Pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 238 peserta yang berasal dari berbagai desa di Kabupaten Tuban. Para peserta dibagi menjadi tiga gelombang untuk memastikan penyampaian materi pelatihan yang efektif dan efisien. Setiap gelombang mendapatkan materi yang berfokus pada pengelolaan keuangan desa, perencanaan pembangunan desa, serta penggunaan teknologi informasi dalam administrasi pemerintahan desa.

Salah satu fitur menarik dari pelatihan ini adalah kewajiban peserta untuk mengerjakan tugas melalui aplikasi SIBERMATA. Setiap peserta harus memperoleh minimal satu sertifikat untuk lulus. Peserta yang tidak mendapatkan sertifikat sama sekali akan menerima hukuman berupa berjoget di depan peserta lain. Sebaliknya, peserta yang berhasil mengumpulkan sertifikat terbanyak akan mendapatkan penghargaan khusus.

Kepala bidang pemberdayaan masyarakat dan desa kabupaten tuban, Bapak Suhud, S. Sos, dalam sambutannya, menekankan pentingnya peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel. "Kami berharap melalui pelatihan ini, para aparatur desa dapat meningkatkan kompetensinya dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat," ujarnya.

Setelah empat hari pelatihan, acara ditutup dengan sesi foto bersama sebagai bentuk kebersamaan dan semangat untuk terus berkembang. Pemerintah Kabupaten Tuban terus mendukung peningkatan kapasitas aparatur desa melalui berbagai program pelatihan dan pembinaan berkelanjutan, dengan harapan aparatur pemerintah desa semakin siap menghadapi tantangan dan dinamika pembangunan desa ke depan.