01 Agustus 2019 06:45:45
Ditulis oleh Admin

SEDEKAH BUMI WANGLUWETAN

Wangluwetan.id_Pada hari Selasa Wage tanggal 23 Juli 2019 Desa Wangluwetan mengadakan acara syukuran yaitu Sedekah Bumi dalam memperingati hari terbentuknya Desa Wangluwetan secara adat (kearifan lokal desa).

Sedekah Bumi yang dalam istilah dulu dinamai dengan Manganan diadakan setiap setahun sekali sebagai tanda penghargaan terhadap warisan leluhur desa yang telah berjasa mendirikan desa ini. Sebagai generasi penerus, kami Pemerintah Desa Wangluwetan dan segenap masyarakat desa wangluwetan tahun ini tetap dan akan terus memperingati acara ini.

Acara sedekahan bumi ini diawali dengan pengajian pada senin malam  selasa wage bertempat di Pendopo Desa Wangluwetan. Diawali dengan Tahlil Bersama yang dipimpin oleh bapak KH. Nor Amin, dilanjutkan dengan Pengajian/Mauidzoh Hasanah oleh Gus Amin Sa'dulloh dari Sendang Senori Tuban. Acara dimulai pukul 19.30 - 22.00 dengan diakhiri pembukaan tumpeng.

Pagi harinya (Selasa, 23/07) di Pendopo Desa Wangluwetan diadakan Tahtimul Quran, dan pada pukul 10.00 wib dimulai acara Sedekahan Bumi yang pertama di Komplek Sumur Gede, dilanjutkan ke Sumur Mbah Pagi. Setelah pukul 11.00 wib para warga berduyun-duyun ke Makam Mbah Buyut Djogo yang mana dulunya, beliau lah yang dianggap oleh penduduk sekitar sebagai Sesepuh Desa Wangluwetan. 

Penutupan acara sedekahan ini diadakan di Pendopo Desa Wangluwetan dengan diisi acara Doá Tahtimul Qurán dan pembukaan tumpeng. Pada pukul 13.00 wib berakhirlah serangkaian acara demi acara Sedekahan Bumi di Desa Wangluwetan.

 


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus